BKD: Gaji ke-13 PNS Kota Mataram Siap Dicairkan

Mataram – Kepala BKD Kota Mataram, H.M. Syakirin Hukmi mengungkapkan pencairan gaji ke-13 PNS tidak perlu lagi menunggu petunjuk teknis dan pelaksanaan karena pencairan tergantung kesiapan daerah.

“Untuk Mataram, berbagai proses dan anggaran sudah siap tinggal kita cairkan. Mungkin dalam satu atau dua hari lagi,” kata Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Mataram itu, dikutip dari Antara, Senin (1/7/2019).

Dijelaskan bahwa gaji ke -13 diberikan kepada PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah satu kali gaji pokok berdasarkan golongannya, sehingga PNS menerima gaji ke-13 secara utuh tanpa ada potongan-potongan apapun, seperti halnya saat menerima Tunjangan Hari Raya (THR).

“Kalau pemberian gaji setiap bulan, mungkin PNS ada potongan-potongan untuk pinjaman atau lainnya. Potongan-potongan itu tidak dilakukan di gaji ke-13, jadi PNS menerima gaji utuh,” terangnya.

Menurut Syakirin, pencairan gaji ke-13 ini memang sudah dijadwalkan bulan Juli, tujuannya adalah untuk dana pendidikan. Yakni, membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sekolah anak-anak mereka, apalagi yang memiliki anak baru masuk sekolah atau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Harapannya, pencairan gaji ke-13 saat proses PPDB atau tahun ajaran baru bisa lebih tepat sasaran,” katanya.

Menyinggung tentang pemberian gaji ke-13 untuk pegawai non-PNS, Syakirin mengatakan, tidak ada alokasi anggaran khusus sebab pegawai non-PNS tidak memiliki THR.

“Dalam kontrak yang ditandatangani pegawai non-PNS di Mataram, tidak ada disebutkan bahwa mereka berhak menerima gaji ke-13 maupun THR. Dalam kontrak hanya disebutkan hak gaji,” terangnya.

Komentar