Di Lombok Tengah, Lebaran Topat Dipusatkan di Pantai Senek Kuta

Bupati Lombok Tengah, H.M. Suhaili F, didaulat warga buka ketupat pada perayaan Lebaran Topat di Pantai Senek Desa Kuta. (foto: istimewa)

Lombok – Perayaan Lebaran Topat (ketupat) yang dilaksanakan masyarakat muslim di Lombok, dipusatkan disejumlah titik yang dimeriahkan dengan berbagai event, usai prosesi adat Lebaran Topat.

Lebaran Topat di Kabupaten Lombok Tengah dipusatkan di pantai Senek Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, pada Rabu (12/6/2019).

“Kegiatan lebaran topat ini nantinya diharapkan bisa menjadi event nasional, sebagaimana event-event lainya seperti Festival Bau Nyale yang kini sudah menjadi event nasional,” kata Bupati Lombok Tengah, H.M. Suhaili FT, saat hadiri Lebaran Topat bersama ribuan masyaraka.

Perayaan Lebaran Topat bukan hanya sekedar lebaran, namun untuk melestarikan budaya masyarakat yang didasari dengan ajaran agama. Yakni berupa anjuran berpuasa sunnah 6 hari setelah hari raya idul fitri.

“Lebaran Topat inilah yang menjadi hari kemenangan bagi mereka yang puasa sunnah selama 6 hari itu dan dirayakan secara terus menerus hingga saat ini,” tandas Bupati Suhaili.

Komentar